Jangan Remehkan Gigi Susu!

Beberapa hari belakangan ini saya kedatangan pasien anak – anak dengan keluhan sakit gigi hebat. Pasien anak datang dalam kondisi menangis menahan sakit sambil memegangi pipinya. Ketika saya periksa ternyata kondisi gigi sudah berlubang, dalam, dan mengenai saraf/pulpa. Terang saja sakitnya bukan main. Anda orang tua yang sudah dewasa saja tidak tahan akan sakitnya gigi berlubang tersebut apalagi anak kecil? Sayang sekali bila gigi susu pada anak – anak usia dini telah mengalami karies/gigi berlubang. Padahal gigi susu yang seringkali dianggap remeh oleh para orang tua memiliki banyak fungsi dan peran yang sangat penting selama tumbuh kembang si kecil.

Biasanya, para orang tua tidak begitu memperhatikan kondisi gigi anak di usia dini yang sebagian besar masih gigi susu. Anggapan yang selama ini ada yaitu bahwa gigi susu toh nantinya akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap. Memang benar, bahwa gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap, namun, bila gigi susu tidak dirawat dengan baik, maka akan terjadi kerusakan pada gigi susu yang juga akan mempengaruhi pertumbuhan gigi tetapnya. Berikut adalah fungsi gigi susu bagi anak:

1. Fungsi Pengunyahan

Keberadaan gigi susu yang sehat sangat diperlukan anak untuk pengunyahannya. Bila gigi anak berlubang dan sakit tentunya anak akan merasa malas untuk mengunyah dan malas makan. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya bukan? Bila anak sudah tidak nafsu makan akibat giginya yang tidak sehat, lantas bagaimana ia akan tumbuh dan berkembang dengan baik?

2. Fungsi Estetik

Gigi susu sama pentingnya dengan gigi tetap. Terutama bagi anak yang sudah menginjak usia sekolah. Kala teman – temannya memiliki gigi putih bersih sehat, sedangkan dirinya memiliki gigi yang tidak sehat, maka ia akan merasa minder dan enggan bergaul dengan teman sebayanya. Gigi susu yang berlubang terutama di gigi depan baik atas maupun bawah akan mempengaruhi kepercayaan dirinya.

3. Fungsi Petunjuk Arah Pertumbuhan Gigi Tetap

Inilah peran terpenting gigi susu yang sangat berpengaruh terhadap gigi tetap. Gigi susu diciptakan untuk tumbuh terlebih dahulu dimaksudkan untuk menjadi petunjuk arah pertumbuhan gigi tetap. Gigi tetap yang akan tumbuh memerlukan jalan dan tempat yang sesuai, sehingga disini gigi susulah yang berperan sebagai penunjuk jalannya. Akar gigi susu akan terkikis dengan sendirinya oleh gigi tetap yang akan segera tumbuh. Kemudian, gigi susu akan mengalami kegoyangan alami karena akarnya yang sudah menipis dan akan tanggal sesuai dengan waktunya. Dengan proses itulah maka gigi tetap akan mendapatkan tempatnya menggantikan gigi susu dan tumbuh sesuai dengan tempatnya. Bila gigi susu telah tanggal sebelum gigi tetap mendekati akar gigi susu, maka gigi tetap akan kehilangan tempatnya untuk tumbuh dan inilah yang membuat gigi tetap menjadi berjejal atau tumbuh tidak beraturan.

Gigi susu sangat mungkin tanggal sebelum waktunya, yaitu akibat adanya karies/gigi berlubang yang besar dan atau dalam. Karena struktur gigi susu lebih kecil, sehingga bila terjadi karies yang besar/dalam akan lebih mudah mengalami kegoyangan dan mudah tanggal atau harus mengalami pencabutan dini. Kondisi ini tentu saja merugikan bagi gigi tetap karena ia akan kehilangan petunjuk arahnya. Selain itu, gigi susu yang tanggal sebelum waktunya juga akan mengganggu proses pengunyahan dan estetik bagi anak.

gigi sulung

primary1

Lantas apa yang mesti dilakukan untuk membuat gigi susu yang mungil ini tetap bersih dan sehat?

1. Menyikat gigi dua kali sehari

Mulai biasakan menyikat gigi dua kali sehari pada anak dengan tehnik dan cara yang benar. Mungkin akan nampak sulit pada awalnya untuk mengajarkan anak menyikat gigi. Hal ini bisa disiasati dengan aktivitas menyikat gigi bersama sambil menyanyi atau berakting. Bisa juga dengan memberikan reward/pujian/hadiah bila anak berhasil menyikat gigi selama 3 hari berturut turut. Dengan demikian anak akan merasa senang menyikat gigi terutama sebelum ia tidur.

kids brush teeth

2. Pola Makan Sehat

Anak – anak terutama usia dini biasanya sangat gemar makan makanan kariogenik atau makanan manis dan lengket yang mudah menyebabkan gigi berlubang. Mulailah ajari anak makan makanan berserat seperti buah dan sayur. Kombinasikan makanan sedemikian rupa sehingga anak merasa senang dan terbiasa makan buah dan sayur. Hindari kebiasaan minum susu menggunakan dot sebelum tidur karena gigi akan terendam dengan cairan susu tersebut selama ia tidur dan menyebabkan gigi berlubang di banyak gigi. Ajaklah anak untuk bangun dan menyikat gigi atau setidaknya kumur air putih hangat agar susu yang tersisa dalam mulut bisa segera larut.

3. Periksa ke dokter gigi rutin

Ajak anak pergi ke dokter gigi sejak dini. Jangan biasakan mengancam atau menghukum anak bila tidak nurut akan dibawa ke dokter gigi ya, karena dengan begitu dokter gigi akan menjadi momok menakutkan bagi anak. Berikan reward/pujian/hadiah bila ia mau pergi ke dokter gigi. Untuk anak dengan ketakutan yang tinggi, ajaklah anak ke dokter gigi yang memang sudah berpengalaman menangani pasien gigi anak atau dokter gigi spesialis gigi anak (Sp.KGA). Bila memang ada gigi anak yang berlubang, maka dukunglah ia dan berikan semangat agar mau dilakukan penambalan. Bila ada gigi yang sudah goyang atau gigi tetapnya akan segera tumbuh, maka berikan anak dukungan agar berani dan mau dilakukan pencabutan. Dengan dukungan dan semangat dari orang tua, tentu anak akan lebih senang pergi ke dokter gigi. Sehingga giginya bisa terus terkontrol pertumbuhannya.

drgspkga

Mulai sekarang, Ayah&Bunda perhatikan gigi anak anda ya. Karena kesehatan giginya adalah kebahagiaan anda juga bukan? Dan ingat, pertumbuhan dan perkembangan anak juga dipengaruhi oleh kesehatan giginya.

Salam,

Healthy Teeth for Healthy Life.

Advertisements

About adibah

I'm a dentist and an entrepreneur. I like to share my knowledge to others and I would like to share it around the world. I want to make a new perception about going to dentist so that it is fun and not a scary thing to do. That's all about me. Healthy teeth for healthy life.

Posted on August 15, 2013, in Mengenal Gigi Lebih Dekat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. dok, anak saya usianya 3,5thn gigi susunya semuanya jelek depan atas habis bawah mulai terkikis belakang bolong” dulu sering sekali makan makanan manis dan susah sikat gigi. sekarang sudah beberapa hari mengeluh sakit gigi bahkan bibir bengkak sebelah bagaimana cara penanganan nya?

    • maaf baru sempat membalas. usia 3,5 tahun memang masih gigi susu semua, nah biasanya didi depan atas yang reges atau rusak semua adalah akibat anak terbiasa minum susu sambil tidur. kebiasaan ini membuat gigi atas depan terendam susu yang manis dan lengket sehingga bakteri senang tinggal disitu dan mengikis email gigi susu tersebut. untuk penanganan gigi yang sering sakit, dirumah bisa diberi obat penghilang nyeri khusus anak2 bentuk sirup sesuai dengan dosisnya, namun tetap harus diajak ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. untuk bibirnya yang bengkak, harus diketahui penyebabnya. apakah alergi? atau trauma terbentur atau jatuh? penangannya pun akan berbeda sesuai dengan penyebabnya, bunda..
      semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: