6 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tahukah anda bahwa kesehatan gigi dan mulut erat kaitannya dengan penyakit sistemik pada tubuh kita? Oleh karena itu penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut kita setiap hari. Berikut langkah mudahnya:

1. Sikat gigi
a. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat halus/lembut (soft), agar tidak melukai gusi dan tidak menyebabkan abrasi (aus) email gigi.
b. Pilihlah sikat gigi dengan ujung kepala sikat mengecil, untuk menjangkau gigi paling belakang yang seringkali terlewat ketika menyikat gigi. Bila perlu, bantu dengan sikat gigi anak – anak.
c. Menyikat gigi dengan cara dan waktu yang tepat. Menyikat gigi dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi dengan posisi sikat 450 ke arah gusi, dengan tekanan ringan dan perlahan. Disarankan agar tidak menekan atau menggosok gigi terlalu keras untuk menghindari gigi abrasi (aus), karena gigi yang abrasi (emailnya terkikis) akan menjadi gigi yang sensitif.
d. Jangan lupa untuk membersihkan lidah, baik menggunakan sikat gigi lembut maupun dengan alat pembersih lidah. Karena lidah juga merupakan tempat plak menempel.

2. Pasta gigi
a. Sesuaikan pasta gigi dengan kondisi gigi anda. Bila perlu, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif bila kondisi gigi anda rentan ngilu terhadap rangsang dingin. Yang pasti, gunakan pasta gigi berfluoride ya..
b. Gunakan pasta gigi secukupnya, yaitu hanya sebesar biji kacang tanah. Tidak perlu berlebihan dalam penggunaan pasta gigi.

3. Mouthwash/Obat kumur
a. Gunakan obat kumur sesuai dengan kebutuhan atau saran dari dokter gigi anda. Tidak semua obat kumur bisa digunakan setiap hari, karena bisa menyebabkan mulut kering dan berjamur. Tanyakan kepada dokter gigi anda, obat kumur apa yang cocok untuk kondisi gigi dan mulut anda.
b. Sebaiknya, gunakan obat kumur yang non-alkohol. Bila anda mengalami penyakit gusi, seperti gusi mudah berdarah, atau gusi bengkak, anda sebaiknya menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine gluconate, untuk membantu penyembuhannya. Tentunya, anda perlu ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan intesif pada gusi anda.

4. Dental floss/benang gigi
a. Gunakan benang gigi dengan cara yang tepat. Anda bisa minta dokter gigi anda untuk mengajari bagaimana penggunaannya. Hal ini terutama penting bagi anda yang memiliki gigi berjejal/crowding. Karena sikat gigi saja tidak dapat menjangkau sela-sela gigi anda yang berdempetan.
b. Gunakan benang gigi sebagai pengganti tusuk gigi. Karena, penggunaan tusuk gigi yang tidak tepat malah akan menambah masuknya sisa makanan kedalam kantung gusi sehingga dapat menyebabkan gusi meradang.

5. Kontrol rutin
a. Jangan sungkan dan malas pergi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi, yaitu untuk mencegah secara dini berbagai gangguan dan masalah kesehatan gigi dan mulut. Beberapa tindakan rutin yang perlu anda dapatkan ketika pemeriksaan rutin yaitu:
i. Scaling atau pembersihan karang gigi
ii. Penambalan gigi, bila didapatkan adanya karies/gigi berlubang pada pemeriksaan rutin. Jangan tunda penambalan gigi dengan alasan lubang gigi masih dangkal. Justru sebelum lubang gigi anda bertambah dalam, maka mintalah dokter gigi untuk menambalnya, atau bila perlu melakukan pit&fissure sealant atau aplikasi fluor untuk mencegah merembetnya karies.
iii. Pencabutan, bila memang dinyatakan oleh dokter gigi masih terdapat sisa akar atau gigi yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi didalam mulut. Gigi yang sudah keropos dan tidak bisa dipertahankan,dan/atau sisa akar, jangan dibiarkan dalam mulut karena merupakan sumber infeksi dan bau mulut.
iv. Perawatan gusi dan perawatan saluran akar sesuai indikasi.

b. Jangan sungkan untuk bertanya bagaimana tingkat kebersihan gigi dan mulut anda pada dokter gigi. Mintalah dokter gigi anda untuk menjelaskan kondisi kesehatan gigi dan mulut anda dan rencana perawatan kedepan yang perlu dilakukan.

6. Makanan&Minuman
a. Makanlah makanan yang tinggi serat. Pasalnya, makanan yang mengandung tinggi serat sangat baik untuk membantu air liur anda membersihkan gigi anda (self cleansing). Makanan yang tinggi serat contohnya buah – buahan seperti apel dan berbagai sayuran hijau. Tentu saja, buah dan sayuran hijau dimakan dengan cara dikunyah ya, jangan dibuat jus.
b. Perbanyaklah minum air putih. Karena air putih juga dapat membantu meningkatkan fungsi air liur sebagai self cleansing bagi gigi dan mulut anda. Dengan adanya self cleansing ini, dapat membantu menurunkan tingkat perlekatan plak dalam gigi yang dapat terbentuk setiap menitnya.

Wow, ternyata cukup mudah ya merawat kesehatan gigi dan mulut. Bila gigi dan mulut anda sehat, tentunya anda akan lebih percaya diri. Selain itu, kesehatan tubuh anda yang lainnya pun akan ikut terjaga. Karena kesehatan gigi dan mulut anda ikut menentukan kesehatan tubuh anda.

Salam,
Healthy teeth for healthy life!

Advertisements

About adibah

I'm a dentist and an entrepreneur. I like to share my knowledge to others and I would like to share it around the world. I want to make a new perception about going to dentist so that it is fun and not a scary thing to do. That's all about me. Healthy teeth for healthy life.

Posted on July 15, 2013, in Tips Gigi Sehat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Tips nomor 5 sepertinya yang paling jarang dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: